Jumat, 27 November 2015

SEJARAH SYARIAT ISLAM



          Mengapa perlu ada syariah?                               
    
    Ada yang berpendapat syariah ataupun hokum yang ditetapkan oleh agama seolah mengongkong dari hidup kerah kebebasan. Tidak sama sekali! Ia malah menyelamatkan manusia dari kegelapan karena berbekalkan akal sahaja tidak mencukupi,karena masih berbaur dengan nafsu yang buruk ,ia perlu di beri dengan panduan wahyu agar ia terpelihara dari keburukan.

     Cara pembawaan syariah para Nabi-nabi kepada umat mereka berbeda dari segi ibadahnya ,muamalahnya dan sebagainya.tapi perbedaannya disesuaikan dengan zaman,atau keadaannya,namun tujuannya tetap satu, Menegakkan pendirian agama.
·         Sejarah Perlembagaan Syariah Islam di era Nabi Muhammad saw.

       Kehidupan Arab Jahiliyah kehidupan mereka secara rambang maju dari segi ekonomi,perniagaan dan sebagainya tapi mundur dari sudut spiritual yaitu kehidupan mereka berbaur kezaliman,penindasan,menanam anak perempuan mereka hidup-hidup.Ini sangat jelas bahwa mereka perlu diselamatkan dari kegelapan,perlu ada pengislahan cara kehidupan dengan sistem peraturan yaitu persyariatan,maka lahirlah utusan Allah swt yaitu Nabi Muhammad saw.

·             Kisah Nabi Ibrahim a.s mencari siapa Tuhan

      Pada awalnya Nabi Ibrahim tidak percaya kepada raja namrud dan pengikut-pengikutnya yang menyembah berhala,menurut logikanya mana mungkin tuhan diciptakan? Ini sangat mustahil. Kemudian Nabi Ibrahim a.s mula mencari-cari  siapa Tuhan yang sebenarnya. Pada awalnya baginda menganggap  bintang sebagai tuhan karena bentuknya sangat indah dengan cahayanya,tapi kemudian terbenam ,pasti ia bukan tuhan Karena tuhan tak mungkin menghilang.Kemudian Nabi Ibrahim a.s mengira bulan tetapi juga menghilang,dan mengira matahari akan tetapi juga menghilang. Maka dapat dirumuskan bahwa diantara mereka memerlukan antara satu lain untuk menamatkan satu putaran hari yang sifat Tuhan tidak memerlukan siapapun,maka pastinya ada yang lebih kuasa yang mentabir ala mini dan Dia adalah Allah swt. ”kisah yang dipetik dari Al-quran, surah al-an’am:74-79”

Maka kesimpulan dari kisah tadi bahwa agama adalah fitrah insan yang secara  rambangnya memerlukan ia. Maka awal agama adalah mengenal Allah swt. Untuk mengenal Allah swt hendaklah didahului dengan akal,akal pula bertindak berfikir secara materinya,maka jangan kita mengenal Allah  melalui zat2 nya itu adalah mustahil,sebaiknya kita renungi ciptaan alam ini yang membawa kita mengenal kea rah penciptanya.
·         Agama yang haq adalah Islam

Ketahuilah bahwa agama yang benar adalah dan sejahtera adalah Islam.karena agama inilah yang diturunkan Allah swt untuk kesejahtreraan manusia.
(“Sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam”-Ali imran:19)

Sumber: Mujahidsyafiq

0 komentar:

Posting Komentar