Senin, 09 November 2015

Rangkuman



       Rangkuman Materi Pengantar Teknologi Informasi

    *Definisi komputer
Komputer terdiri dari sekumpulan perangkat serta instruksi atau program yang dalam kenyataannya satu sama lain tidak bisa dipisahkan, baik di antara perangkat (mesin) itu sendiri maupun antara mesin dengan instruksi atau program. Semuanya merupakan satuan yang saling bekerja sama dan saling tergantung satu sama lain. Karena itu komputer juga merupakan suatu sistem.
Komputer adalah suatu alat elektronik yang memiliki kemampuan melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
    * Input dan Output
Input : alat yang digunakan untuk menerima masukan data dan program yang akan diproses didalam computer. Berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi.Input device yang umumnya di gunakan personal computer (pc) adalah keyboard dan mouse.
Output : alat keluaran,untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU ke dalam suatu media yang dapat di baca oleh manusia, perangkatnya spiker ,print.
    *Teknologi informasi
Teknologi informasi adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang dgunakan dalam pembentukan,penyimpanan,dan penyebaran informasi.
Teknologi berasal dari bahasa yunani yaitu “teknos dan logos” yang artinya suatu alat yang diciptakan oleh manusia yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.
     *Infrastruktur informasi
  1.Perangkat keras (hardware),
  2.Perangkat lunak (software),
  3.Jaringan dan komunikasi,
  4.Basis data(database),
  5.Information management personel.

   *Tujuan teknologi informasi
Memecahkan masalah,membuka kreativitas,efektivitas dan efesiensi.
    *Fungsi teknologi informasi
Menangkap (capture),mengolah (processing),menghasilkan (generating),menyimpan (storage),mencari kembali (retrieval).
    *Data dan informasi
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.
                                         Teknologi Web
Internet : Seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan standar system global transmission control protocol.
-Web             : World Electronic Broadcast,
-Internet       : Jaringan terbesar yang menghubungkan jutaan computer yang tersebar diseluruh
                      penjuru dunia,
-Intranet       : Jaringan computer dalam sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi
                      internet bersifar privat,
-Homepage  : Halaman utama dari URL.
  
     *Aplikasi web di bagi menjadi 2
  1. Web statis      : web statis dibentuk dengan menggunakan HTML saja,
  2. Web dinamis  : Halaman yang dilengkapi animasi gambar, dan dapat berinteraksi dengan
                               Database.

0 komentar:

Posting Komentar