Jumat, 30 Oktober 2015

5 Ilmu Dasar Pada Islam yang Wajib Diketahui Umat Muslim


Berilmu Sebelum Beramal

Ini penjelasan dasar 5 ilmu didalam islam yang wajib dipelajari seorang muslim. Didalam islam ada 5 dasar yang harus kita pelajari. yaitu:

tauhid , syariat, hakikat, tarekat, ma'rifat atau tassawuf.

Tauhid yaitu meng-esa-kan ALLAH Subhana Wa Ta'ala. dengan berbagai jalan ilmu. menifaqkan mahluk, mengganti semua hanya karena ALLOH. gerak dan diam nya mahluk hanya karena ALLOH.

Syariat merupakan kulit dari Islam, dimana selayaknya kulit. hanya berfungsi sebagai pembungkus organ dalam tubuh. begitupun Syariat didalam islam, hanya sebagai pembungkus dari inti ajaran islam. Walaupun seseorang itu rajin ibadah, tetapi itu hanyalah pembungkus hanya jika dia tidak tahu jati dirinya. sia-sia lah ibadahnya.

Hakikat merupakan Sebuah Ilmu didalam islam yang mempelajari tentang, hakikat hidup seorang manusia. untuk apakah dia hidup, kepada siapakah dia hidup, bagaimanakah dia hidup, siapakah hakikat dia sebenarnya. dan siapakah yang sebenar-benarnya hidup. Apabila sudah ke tahapan ini, maka seseorang akan belajar ikhlas menerima kehidupan walau seberat apapun hidupnya.

Tarekat adalah Sebuah ilmu yang mempelajari jalan menuju ALLAH Subhana Wa Ta'ala. carilah seorang guru mursyid untuk mendapatkan pelajaran ini, saya hanya bisa memberikan pencerahan sebatas ini.

Ma'rifat atau Tassawuf, sebuah ilmu pengenalan diri yang turun kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. dan diturunkan Nabi Muhammad kepada keluarga dan para sahabatnya, dari para sahabat Nabi Muhammad,mereka mengajarkan kepada para waliyulloh. biasanya urutan2 silsilah guru dari guru seorang guru mursyid sejati sangat jelas dan berakhir pada Nabi Besar Muhammad SAW. merupakan sebuah ilmu rahasia yang hanya orang tertentu saja dan orang yang mendapatkan petunjuk dari ALLAH yang dapat mempelajari dan mendalaminya dengan bantuan seorang guru mursyid. Biasanya seorang guru mursyid tidak akan menampakkan Ilmunya, dan penampilannya pun seperti orang biasa pada umumnya. kita tidak akan bertemu dengan mereka apabila belum waktunya.

0 komentar:

Posting Komentar